banner image

Apa Itu Android ? Inilah jawabannya

andro.jpg
Img by allaboutphones

Apa itu android ? Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh android.inc serta google.inc untuk smartphone terbaru, OS ini berbasis Linux sehingga memungkinkan bagi para pengembang untuk menciptakan software mereka sendiri yang mendukung android ini sendiri. Andoroid sendiri dirilisan perdana pada, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Dijuga, Google merilis kode–kode Android di bawah sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

sudah dari awal perancangan telah terpasang pada perangkat seluler touchscreen seperti smartphone dan juga tablet. Jadi Android adalah suatu sistem operasi yang berjalan pada smatphone saat ini dan menyesuaikan spesifikasi di kelas low-end hingga high-end. Hampir semua vendor saat ini mengembangkan produknya dengan sistem operasi Android, karena peminatnya yang semakin meningkat tajam.

Perkembangan Versi Android dari Wikipedia

2.1 Android 1.0
2.2 Android 1.1
2.3 Android 1.5 Cupcake
2.4 Android 1.6 Donut
2.5 Android 2.0 Eclair
2.6 Android 2.0.1 Eclair
2.7 Android 2.1 Eclair
2.8 Android 2.2–2.2.3 Froyo
2.9 Android 2.3–2.3.2 Gingerbread
2.10 Android 2.3.3–2.3.7 Gingerbread
2.11 Android 3.0 Honeycomb
2.12 Android 3.1 Honeycomb
2.13 Android 3.2 Honeycomb
2.14 Android 4.0–4.0.2 Ice Cream Sandwich
2.15 Android 4.0.3–4.0.4 Ice Cream Sandwich
2.16 Android 4.1 Jelly Bean
2.17 Android 4.2 Jelly Bean
2.18 Android 4.3 Jelly Bean
2.19 Android 4.4 KitKat
2.20 Android 5.0 Lollipop (API level 21)
2.21 Android 6.0 Marshmallow (API level 23)

Dengan kemunculan android dan berkembangnya jaman sudah pasti kita juga butuh peralatan yang canggih dan efisien untuk keperluan sehari-hari. Oleh karena itu ada baiknya anda mulai menggunakan perangkat dengan sistem operasi ini, Dijaman sekarang hampir semua menggunakan smartphone Android. Tapi , dibalik kemajuan teknologi android ini ada beberapa kelebihan dan kekurangnya.

Dilihat dari Keunggulan Android adalah

Open source karna berbasis karnel linux jadi banyak sekali kostom Rom untuk  perangkat android yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dan mahal . Dari tampilan android tidak kalah dari ios . Di era sekarang developer handset menjadi sangat mudah untuk mengoptimalkan dan mengembangkan sistem operasi ini untuk smartphone yang mereka buat yang membuat banyak sekali fitur dari masing masing smartphone.

Aplikasi salah satu yang membuat OS android ini luar biasa yang banyak diminati dari semua kalangan karena memberikan dukungan aplikasinya yang sangat banyak. Dikarna dari kondisi system operasi yang bersifat Open Source. Karna para pengembang diijinkan untuk mengembangkan aplikasi berbasis source code dari Android , maka coba kalian lihat di Play Store ratusan atau bahkan ribuan aplikasi yang disajikan untuk kebutuhan kalian sehari hari. 

Peralan elektronik pun dapat diaplikaikan, Seperti Sartphone, Tablet PC, Mini PC, Jam tangan, bahkan , head unit kendaraan dan LED televisi. Hal yang merupakan keungggulan dari OS Android. Dengan adanya sistem operasi di dalam perangkat elektronik. Memudahkan kalian melakukan apa yang dibutuhkan.

Dilihat dari Kekurangan Android adalah

Ram dan Rom karena proses kerja yang berat kadang aplikasi lag ataupun close sendiri.Sebenarnya kalau ini ada kaitannya dengan spesifikasi dari masing-masing Smartphone, namun ada kalanya Android ini tidak bersahabat dengan beberapa aplikasi dikarenakan Ram ataupun Prosesornya yang kurang memadai, jadi sesuaikan aplikasi dengan perangkatnya Namun demikian, belakangan ini, versi terbaru dari OS android sudah mulai bisa dioptimalkan penggunaan kapasitas RAM nya, meskipun mash tergolong menjadi salah satu sistem operasi yang berat, berbeda dengan Windows Phone.

System Melakukan update system tidaklah mudah, kalian harus menunggu dari masing-masing Vendor untuk merilis. Terkadang sistem operasi android yang dikustomisasi bisa menjadi tidak stabil dan menjadi tidak responsive, yang nantinya dapat berujung pada perangkat keras kalian yang menjadi lebih mudah panas dan kapasitas memory yang lebih mudah untuk bocor.

Mungkin cukup sekian penjelasan untuk OS Android , bila kalian suka dengan informasi yang diberikan Mohon untuk dishare.
Apa Itu Android ? Inilah jawabannya Apa Itu Android ? Inilah jawabannya Reviewed by Unknown on 8:53 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.